MEV Hummer HX-T: Hummer Bertenaga Listrik

 

Hummer terkenal sebagai mobil berbodi besar yang haus bahan bakar dan tidak ramah lingkungan. Namun label tersebut tidak berlaku bagi Hummer yang satu ini. Mobil mungil ini lebih cinta lingkungan karena sepenuhnya menggunakan tenaga listrik.

MEV Hummer HX-T namanya. Mobil seharga 10.000 Poundsterling atau Rp 138 juta itu dapat berlari hingga sekitar 100 mil. Sesuai namanya MEV (My Electric Vehicle) kendaraan tersebut disokong dengan sumber tenaga listrik.

Sementara itu, saudaranya yang terdahulu yang berukuran 'raksasa' bisa menghabiskan banyak bahan bakar. Berbeda dengan mini Hummer yang berjalan berjam-jam dengan menggunakan baterai, tanpa harus mencium bau bensin serta meninggalkan jejak karbon.

Adik Hummer ini memiliki dimensi tubuh hanya 3.000x1.480x1.450 mm (PxLxT) dengan wheel base hanya 2.128 mm. Model ini hanya bisa ditumpangi dua orang.

Sekadar diketahui, General Motors berhenti memproduksi Hummer pada awal 2010 setelah kendaraan tersebut memicu kontroversi sebagai simbol konsumsi bahan bakar berlebihan di bawah sepuluh mil per galon.

My Electric Vehicle (MeV) kemudian memperoleh hak eksklusif untuk menjual model HX listrik untuk mengambil pasar yang "Go Green".

Hummer awalnya dibuat hanya untuk keperluan militer Amerika oleh sang pembuat, yakni, AM General Corporation. Hummer untuk sipil pertama dibangun pada 1992 setelah banyak dipublikasikan penggunaannya selama Perang Teluk. Adapun istilah untuk Hummer versi sipil adalah High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle atau disingkat menjadi HMMWV tapi sering diucapkan sebagai Humvee.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...