Waspada Terhadap HOAX

hp 
Pernah mendapat forward email/sms/bbm seperti ini :    
(Don’t Send back :  ” MARING BAWONO SANGGURIP SUKMO GONDO MAYIT NENG RUMEKSO INGSUN KASAJEN.”
Anda baru saja melihat dan telah berikrar menikahi mayat. Kirim SMS ini ke 10 temanmu. Jangan sampai putus di kamu. Kalau terputus Dia akan menemani tidurmu walaupun tak terlihat, tapi suatu saat akan memperlihatkan dirinya!!……BNR2 TERJADI!!!!!!FAKTA!!!!!SAKSIKAN NANTI DI ASALUSUL….KLO TDK PERCAYA!!!!HARAP JANGAN DIREMEHKAN BAGI YG SUDAH MEMBACA !!!!!….)

Bagaimana respon Anda? Anda memforward lagi ke teman? Atau cukup Anda simpan saja? Tahukah Anda bahwa berita itu adalah HOAX (bohong)?

Menurut Wikipedia, hoax adalah usaha untuk memperdaya orang- orang agar mempercayai sesuatu yang salah adalah benar. Info hoax seringkali memanfaatkan ruang kebebasan di internet dan kemudahan akses. Dengan begitu, berita yang sudah dirancang bisa begitu cepat menyebar tanpa ada batasan jarak dan waktu.

Ciri Berita Hoax
Yang paling mendasar adalah berita hoax selalu bertentangan dengan logika umum, memang tergantung pengetahuan masing- masing user, dengan sedikit pengetahuan umum akan mudah untuk membedakan . Berita hoax juga selalu menggunakan peristiwa yang sedang booming, tapi dipelintir kesana kemari menjadi berita yang meresahkan. Contoh : berita hoax radiasi nuklir Jepang. Cara termudah untuk mengecek berita adalah melalui google, cek dengan keyword berita tersebut, baca, baca, dan baca, maka Anda akan mengetahui kebenarannya.

Tak ada cara khusus untuk menghalau pesan hoax kecuali kepedulian Anda, karena setiap Anda menerima pesan hoax keputusan ada ditangan Anda untk memutuskan rantai penyebaran pesan tersebut.

Untuk peduli anda harus mengetahui kerugian dari pesan hoax,yaitu : Hoax akan membebani lalulintas  pesan dengan hal- hal yang tidak perlu, misalnya membuat pesan yang kita kirim lama sampai ketujuan  atau bahkan gagal mengirim. Hoax juga akan menimbulkan kepanikan/ isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan dan secara jelas merugikan orang lain dengan penipuan yang kita sebar dan terakhir hoax jelas akan membuang- buang pulsa serta waktu Anda.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...